TFI – Pemberian label jenis kata pada kalimat bahasa Indonesia dan konvensi Treebank

“Bagi mahasiswa yang belum cukup pemenuhan jam community servicenya, maka ada peluang yang menarik untuk melakukan community service dengan rincian sebagai berikut:
1. Kapan dan dimana?
Tanggal 29 Juli 2017, aka nada 2 sesi (sesi 1: jam 10.00-12.00, sesi 2: jam 13.00-15.00). Tempat di Lab Computing (kapasitas 10 orang), jika jumlah yang berminat banyak maka akan dipindah ruangannya.

2. Komunitas apa?
Indonesian Association for Computational Linguistics

3. Kegiatannya apa?
Membantu memberikan label jenis kata pada kalimat bahasa Indonesia dan membuat konvensi Treebank. Info detail bisa didownload pada http://inacl.id/…/index.…/pelabelan-corpus-bahasa-indonesia/ . 1 kalimat diperkiraan diselesaikan dalam waktu 5-10 menit tergantung dari kemampuan mahasiswa memahami struktur kalimat bahasa Indonesia.

4. Bagaimana perhitungan jumlah jam community servicenya?
Akan dihitung dari berapa jumlah kalimat yang dapat diselesaikan. Diharapkan mahasiswa mengerjakan setidaknya 15-20 kalimat.

5. Kalau jam community service masih kurang, boleh ikut 2 sesi tidak?
Tentu boleh, hanya perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu (takut kapasitas computer kurang). Kemudian kalau memang masih butuh banyak jam untuk community servicenya, maka kegiatan ini juga bisa dilanjutkan di computer kalian masing-masing selama periode 29 Juli 2017-6 agustus 2017 dimana program hanya membutuhkan instalasi JRE.

Tertarik? Atau ada pertanyaan lebih lanjut? Silakan kontak/daftar ke Ibu Novita di nhanafiah@binus.edu .

Jangan lewatkan kesempatan ini, segera daftar diri Anda untuk melakukan community service ini agar jam community service segera terpenuhi dan tidak terkendala untuk sidang skripsi kalian.

Terima kasih.