LDK / 干训 2018

Normal
0

false
false
false

EN-US
ZH-CN
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,sans-serif;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-fareast-language:EN-US;}

     Pada tanggal 6-7 Maret 2018 yang lalu, Himpunan Mahasiswa Sastra China (HIMANDA) Binus University melakukan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang disebut juga sebagai 干训 (gànxùn) bagi calon aktivis HIMANDA yang merupakan Binusian 2020 daan 2021. 干训 2018 dilaksanakan di dua lokasi yaitu Binus Kijang dan Griya Alam Ciganjur, Depok. Dengan tema “Kepemimpinan yang Cerdas”, LDK  atau 干训  ini bertujuan untuk membangun para calon aktivis HIMANDA menjadi pemimpin yang berkualitas dan cerdas. HIMANDA tidak  memerlukan pemimpin yang  pintar dalam bidang akademik belaka, tapi juga  membutuhkan orang-orang yang visioner, memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, memiliki tata krama yang baik, serta kreatif.  

Sesi Jurusan & Komitmen oleh Yiying Laoshi
Pembuatan name tag

     Kegiatan dimulai pada hari Selasa, 6 Maret 2017 di Binus Kijang. Para calon aktivis mengikuti 3 sesi secara berturut-turut, yaitu penjelasan mengenai HIMANDA beserta program-programnya, pengajaran singkat tentang pembuatan Proposal dan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban), serta satu sesi khusus berkaitan dengan Jurusan dan Komitmen yang dibawakan oleh Yiying Laoshi selaku Ketua Jurusan HIMANDA. Setelah para calon aktivis membuat name tag mengikuti ketentuan yang diberikan, barulah rombongan berangkat ke Griya Alam Ciganjur, Depok. Di sana para calon aktivis dihadapkan pada kegiatan-kegiatan yang menuntut kedisiplinan serta kesabaran tinggi, contohnya seperti sesi negosiasi.

     Sesi kepemimpinan juga tidak luput dalam rangkaian kegiatan 干训 2018, agar para peserta dapat lebih paham pemimpin-pemimpin macam apa saja yang selama ini mereka lihat daan agar mereka dapat memilah manakah yang harus mereka terapkan ketika benar-benar memimpin di masa depan.

     Mereka juga diuji secara teknis dengan adanya kegiatan membuat proposal serta LPJ sebagai follow-up dari sesi penjelasan pada pagi harinya. Para calon aktivis akan memperoleh tema acara berdasarkan undian yang diberikan panitia,  lalu mereka harus membuat proposal serta LPJ dari tema tersebut. Mulanya para peserta masih kebingungan , tapi karena kebanyakan dari mereka tidak takut untuk bertanya, lama kelamaan mereka terbiasa dalam membuatnya.

Pembuatan Proposal dan LPJ    

     Hari kedua para panitia dan calon aktivis melakukan kegiatan olahraga serta games bersama untuk semakin membangun keakraban. Ada galasin serta  permainan melepaskan diri bersama dari  tali yang terikat di tangan yang mendorong mereka untuk semakin bekerjasama.

Olahraga Pagi
Games

     Pelantikan calon aktivis juga dilaksanakan pada hari kedua ini. Setelah selesai membahas pembagian anggota untuk divisi-divisi di dalam HIMANDA , seluruh peserta 干训 baik panitia maupun aktivis, mengucapkan ikrar atau janji sembari memegang bendera HIMANDA. Seluruh rangkaian kegiatan LDK  / 干训berjalan dengan lancar meskipun cuaca seringkali tidak bersahabat dan hujan lumayan menghalangi kami untuk beraktivitas di luar ruangan lebih banyak.

Foto Pelantikan Aktivis HIMANDA