BOLD Series International Experience: Sustainability and ESG Practice in Industry 4.0
About this Event
BOLD Series International Experience: Sustainability and ESG Practice in Industry 4.0
- Recording: Click here
- Material: Click here
Pada tanggal 15 September 2023 yang lalu, BOLD Series International Experience hadir kembali dengan topik yang menarik untuk diikuti. Menghadirkan pembicara dari Griffith University, Australia; Dr. Lanita Winata, MBA., CPAA., CPA(Ind)., BCom (Hons) dan dimoderatori oleh Ibu Tri Ayu Astari S.E., M.Sc.
Sebanyak 781 peserta hadir dan aktif dalam sesi Webinar yang berlangsung tak kurang dari 100 menit tersebut. Dengan materi yang menarik, para peserta banyak melontarkan pertanyaan dan ditanggapi dengan jawaban yang kaya akan pengetahuan.
Tentunya sesi diawali dengan pemaparan mengenai revolusi industri yang terjadi, mulai dari 1.0 hingga 4.0. Dilanjutkan dengan pemaparan mengenai alasan pentingnya keberlanjutan dalam industri serta 17 tujuan dari SDGs (Sustainable Development Goals).
Selanjutnya, dijelaskan pula hubungan antara Keberlanjutan dengan ESG (Environmental, Social, and Governance) sendiri. Dimana, ESG adalah konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan tiga kriteria tersebut yaitu lingkungan, sosial serta tata kelola.
Pada Akhir sesi diberikan suatu contoh kasus mengenai penerapannya di hotel. Didapati kesimpulan dari kasus tersebut sebagai berikut:
- Aksi terkait lingkungan yang dilakukan hotel dapat meningkatkan kepuasan tamu, sehingga menghasilkan hubungan positif dan signifikan antara praktik “ramah lingkungan” dan kepuasan pelanggan.
- Tamu yang puas dapat termotivasi untuk kembali ke hotel pada perjalanan selanjutnya dan menyebarkan informasi positif melalui “Word of Mouth”.
- Dampak positif dari praktik lingkungan yang dilakukan hotel lebih banyak kepada pelancong bisnis dibandingkan wisatawan.
- Hasilnya hanya menunjukkan perbedaan yang signifikan untuk intensitas hubungan antara praktik “ramah lingkungan” dan kepuasan yang lebih kuat pada tamu bisnis dibandingkan tamu rekreasi.